PENDAHULUAN
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah co
mputer beroperasi?.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
Dengan di buatnya makalah ini di harapkan baik penulis maupun pembaca bisa mengerti bagaimana computer dapat bekerja, hal apa saja yang di butuhkan computer untuk beroperasi , dan fungsi atau peranan computer dalam kehidupan.
PEMBAHASAN
Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll.
Seiring berkembangnya teknologi, semua pekerjaan yang kita lakukan tidak bisa lepas dari computer, hampir segala bidang menggunakan computer. Baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun dunia kerja yang menggunakan computer sebagai alat pemroses transaksi dan lain –lain.
Fasilitas – fasilitas yang disediakan computer sangat memudahkan kita. Namun apakah kita mengetahui apa saja dan bagaimana sebuah co
mputer beroperasi?.
Pemrosesan computer merupakan dasar – dasar atau langkah bagaimana sebuah computer bekerja dan apa saja yang di perlukan sebuah computer untuk dapat beroperasi sesuai dengan perintah user. Dalam bahasan ini akan di jelaskan hal – hal mengenai arsiktektur computer, dan software.
Dengan di buatnya makalah ini di harapkan baik penulis maupun pembaca bisa mengerti bagaimana computer dapat bekerja, hal apa saja yang di butuhkan computer untuk beroperasi , dan fungsi atau peranan computer dalam kehidupan.
PEMBAHASAN
Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur Van neumann, CISC, RISC, blur Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
A. PERALATAN
INPUT
1. KEYBOARD
Unit input yang
paling popular, dimana pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol
yang tepat.
2. ALAT PENUNJUK
· Mouse
· Trackball
· Touch
Screen
· Light
Pen
· Unit
Remote Control
3. ALAT INPUT OTOMATIS DATA SUMBER
· Alat
Pembaca Optis, alat input yang membaca data dengan menyinari suatu
sinar terang di atas data dan kemudian menangkap citra yang terpantul pada
matriks sel-sel photoelectric. Contoh : Scanner, OCR (Optical Character
Recognition), OMR (Optical Mark Reader)
· Alat
Pembaca Magnetis, alat pembaca yang menggunakan tinta khusus yang
berisi zat yang dapat diberi muatan magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink
Character Recognition).
4. ALAT INPUT PENGENAL SUARA
Unit pengenal suara
(speech recognition unit)
· Mikropon
· Automatic
Speech Recognation (ASR)
· Touchtone
5. ALAT INPUT VIDEO
Video Camera
recorder atau Camcoder
6. ALAT INPUT PENERIMA GERAK
· Headset
· Glove
· Walker
B. PENYIMPANAN
SEKUNDER
· Pita
Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge
· Hard
Disk : Removable dan Non removable
· Floppy
Disk
· Piringan
Optik : CD, DVD
· USB
Flash Disk
· Smart
Card
· Kartu
memori
C. PERALATAN
OUTPUT
Dibagi menjadi dua,
yaitu :
1. Softcopy, terdiri dari dua jenis :
· Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
· Audio
2. Hardcopy, terdiri dari :
· Printer
: Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
· Plotter
: Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format
Le bar
· Computer
Output Microfilm (COM).
Software
Perangkat lunak
terbagi menjadi dua yaitu:
Perangkat Lunak Sistem
a. Perangkat
lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai
computer.
b. Ada tiga
jenis dasar perangkat lunak sistem :
i. Sistem
Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang
memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam
fungsi dasar sistem operasi :
1. Menjadwalkan
Tugas
2. Mengelola
sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3. Menjaga
keamanan sistem
4. Memungkinkan
pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5. Menangani
Interrupt
6. Menyiapkan
catatan pemakaian
ii. Program
Utility, suatu routine yang memungkinkan pemakai untuk
melaksanakan operasi pemrosesan data dasar tertentu yang tidak unik pada satu
aplikasi pemakai tertentu.
iii. Penerjemah
Bahasa Komputer
ii. Bahasa
Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
iii. Bahasa
Generasi Kedua, Assembler
iv. Bahasa
Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
v. Bahasa
Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan programmer atau pemakai
menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi tersebut dilakukan. Di
Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat :
1. Database
Query Language
2. Modelling
Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika. Contoh : GPSS
3. Very
High Level Language : PASCAL, APL
4. Graph
Generators : paket grafik
5. Report
Writer : COBOL, RPG
6. Aplication
Generators : program aplikasi pembayaran gaji
Perangkat Lunak Aplikasi
Pemrograman Sendiri
Perusahaan
menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis
computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
Paket Jadi
Ada empat kelompok
besar :
1. Paket
Aplikasi Bisnis Umum
2. Paket
Aplikasi Khusus Industri
3. Paket
Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
4. Paket
Peningkatan Produktivitas Perorangan
PERANAN
PERALATAN INPUT DAN OUTPUT SERTA SOFTWARE DALAM PEMECAHAN MASALAH
Keseluruhan
komponen perangkat input, output dan software dapat berperan langsung maupun
tidak langsung dalam pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan
mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya. Perangkat input dan output
berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan
perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk
meningkatkan produktivitas organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan
penciptaan dan transmisi data.
KESIMPULAN
Dalam sebuah
computer terdaapat komponen-komponen yang saling mendukung agar dapat
terjadinya suatu pemrosesan data yang di input menggunakan alat input dan di
tampilkan menggunakan alat output.Disamping itu sebuah system operasi
mempengaruhi sebuah pemrosesan di CPU karena system operasi sama halnya dengan
otak pada manusia yang mengatur segala proses input output dan penyimpanannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar